Memutuskan antara membeli atau menyewa gudang memerlukan pertimbangan terkait biaya, pemberkasan, ukuran, dan fasilitas gedung. Bagi Anda yang berprofesi sebagai wirausaha atau pebisnis, memastikan produk yang Anda jual berkualitas dan bermutu terjamin adalah hal yang sangat penting. Jika Anda berkecimpung dalam bisnis skala besar, memiliki tempat yang luas dan aman untuk menyimpan barang dagangan menjadi kebutuhan utama. Salah satu solusinya adalah memanfaatkan penggunaan gudang.  

Penggunaan gudang juga bisa untuk jenis pekerjaan lainnya, misalnya jika Anda bergerak di bidang penyedia jasa, maka Anda dapat menggunakan gudang untuk karyawan Anda bekerja dalam ruangan yang cukup luas. 

Kini, ada banyak jenis gudang yang tersedia di berbagai penjuru kota. Nah, Anda bisa memilih apakah hanya menyewa atau langsung membeli gudang tersebut. Bagaimana perbandingannya? berikut ini kami berikan ulasannya. 

Mengapa Membeli Gudang?

Membeli gudang dapat menjadi pilihan terbaik karena Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus administrasi perpanjangan menyewa gudang. Membeli gudang juga cocok untuk Anda yang sudah siap dengan nominal yang cukup fantastis. 

Pembelian gudang juga dapat dipilih sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan. Misalnya, dekat tempat tinggal atau dekat dengan pusat kota. Membeli gudang juga bisa menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan.

Mengapa Menyewa Gudang?

Akan tetapi, sah-sah saja jika Anda ingin menyewa gudang karena dengan menyewa, Anda juga mendapatkan keuntungan yang tidak jauh berbeda. Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menyewa. 

Menyewa gudang cocok bagi Anda yang baru merintis bisnis atau bisa sebagai trik untuk meminimalisir over budget. Dengan menyewa Anda tidak perlu repot memikirkan maintenance gudang karena seluruhnya berada di bawah tanggung jawab pemilik gudang. Jadi, Anda bisa fokus berbisnis tanpa perlu pusing memikirkan kelayakan gudang yang Anda sewa.

rak gudang

Apa Yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Atau Sewa Gudang?

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk membeli atau menyewa gudang, jangan lupakan berbagai aspek penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari segala risiko yang dapat mempengaruhi bisnis Anda.

1. Biaya

Hal utama jika ingin membeli atau menyewa gedung yang harus dipikirkan adalah biaya. Jika Anda ingin membeli gudang, maka Anda harus menyiapkan jumlah uang yang lebih besar terutama jika gudang tersebut kosongan. 

Tetapi, jika Anda hanya menyewa tentu biaya yang perlu disiapkan lebih terjangkau. Biasanya pihak penyewa menyediakan tarif yang sudah termasuk biaya perawatan dan biaya lainnya. 

2. Pemberkasan

Selain uang, hal penting kedua saat menyewa atau membeli gudang adalah menyiapkan berkas atau dokumen penting untuk diserahkan kepada pemilik atau penyewa gudang. Misalnya KTP, NPWP, rekening koran, dan surat izin usaha.

3. Ukuran gudang

Terdapat banyak jenis gudang yang disewakan ataupun dijual. Gudang yang dapat Anda pilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda butuh ruangan besar untuk stok barang setahun, Anda bisa mencari gudang besar seluas pasar swalayan. Tetapi jika Anda butuh untuk stok barang per minggu, Anda cukup mencari gudang seukuran rumah biasa. 

4. Fasilitas Gudang

Perlengkapan atau fasilitas gudang yang Anda beli atau sewa harus dipastikan berfungsi dengan baik. Sebagai opsional, Anda sebaiknya survei terlebih dahulu ke beberapa gudang untuk mencari perbandingan. Beberapa fasilitas penting yang harus ada adalah toilet, ruang kepala perusahaan, wi-fi, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menambahkan fasilitas lain Anda dapat mendiskusikannya terlebih dahulu kepada pemilik atau penyewa gudang.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Gudang

Jika Anda memutuskan membeli Gudang, berikut adalah penjelasan dari sisi keuntungan dan kekurangannya. 

Kelebihan Membeli Gudang

Kekurangan Membeli Gudang

Kelebihan dan Kekurangan Sewa Gudang

Anda pun perlu tahu kelebihan dan kekurangan menyewa gudang supaya bisa mempertimbangkan pilihan yang terbaik. Berikut ini adalah penjelasannya. 

Kelebihan Menyewa Gudang

Kekurangan Menyewa Gudang 

Kesimpulan

Demikian perbandingan antara membeli vs menyewa gudang. Tertera dengan jelas bahwa menyewa gudang jauh lebih efektif untuk menunjang bisnis Anda ketimbang membeli. Alih-alih mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli gudang, Anda dapat memanfaatkan dana ekstra tersebut untuk mengembangkan bisnis Anda ke sektor yang dibutuhkan. 

Selain itu, meski biaya menyewa gudang dinamis namun tentunya tarif dibanderol negotiable alias dapat ditawar, sehingga Anda dapat berdiskusi terlebih dahulu dengan pemilik gudang mengenai ketersediaan biaya hingga mencapai deal yang cocok. 

Segera hubungi Safenlock and HIPS Area untuk Anda yang sedang mencari tempat persewaan gudang. Fasilitas yang kami sediakan cukup menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *