ilustrasi logistik

Kontainer logistik menjadi tulang punggung dalam pengangkutan barang secara internasional. Dengan kemampuannya yang serbaguna dan efisien, kontainer memfasilitasi pengiriman berbagai jenis barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat dan aman. Melalui artikel ini, akan membahas tentang berbagai jenis kontainer logistik yang digunakan dalam industri pengiriman barang.

1. Kontainer Tank

Kontainer tank, atau juga dikenal sebagai tangki ISO, digunakan khusus untuk mengangkut cairan dan gas. Desainnya didasarkan pada kebutuhan untuk memastikan keamanan dan integritas muatan yang seringkali berharga dan berbahaya. Kontainer ini memiliki lapisan dalam yang tahan korosi dan dapat menahan tekanan tinggi.

2. Dry Storage Container

Dry storage container adalah jenis kontainer paling umum dan serbaguna. Kontainer ini digunakan untuk mengangkut barang-barang kering seperti pakaian, elektronik, dan makanan kemasan. Mereka dilengkapi dengan pintu geser di salah satu atau kedua sisi, memudahkan proses bongkar muat.

3. Flat Rack Container

Flat rack container memiliki sisi-sisi yang terbuka dan tidak memiliki dinding atau atap yang tetap. Mereka ideal untuk mengangkut barang-barang yang tidak muat di dalam kontainer standar, seperti mesin besar, peralatan konstruksi, atau kayu gelondongan.

Kontainer tank

4. Open Top Container

Mirip dengan flat rack container, open top container juga memiliki sisi-sisi yang terbuka, namun memiliki atap yang dapat dilepas. Ini memudahkan bongkar muat barang-barang besar dan berat dari atas kontainer, seperti batu, puing, atau mesin konstruksi.

5. Tunnel Container

Tunnel container memiliki pintu di kedua sisi kontainer, memungkinkan akses yang mudah dari kedua ujung. Hal ini memungkinkan untuk pengisian dan pengosongan kontainer dengan cepat, sangat cocok untuk penggunaan dalam rantai pasokan yang cepat.

6. Open Side Storage Container

Open side storage container memiliki pintu yang dapat dibuka pada satu sisi dan satu atau kedua sisi kontainer. Mereka cocok untuk mengangkut barang yang perlu diakses dari samping, seperti kayu lapis atau bahan bangunan.

7. Refrigerated ISO Container (Reefer Container)

Reefer container adalah kontainer yang dilengkapi dengan sistem pendingin untuk menjaga suhu dalam kontainer. Mereka digunakan untuk mengangkut barang-barang yang memerlukan suhu terkendali seperti makanan beku atau produk farmasi.

8. Insulated Thermal Containers

Insulated thermal containers dirancang untuk menjaga suhu dalam kontainer tetap stabil, baik itu panas atau dingin. Mereka biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang sensitif terhadap perubahan suhu, seperti produk makanan yang memerlukan suhu terkendali.

9. Car Carrier Container

Car carrier container, juga dikenal sebagai roro (roll-on/roll-off), dirancang khusus untuk mengangkut kendaraan seperti mobil, truk, dan sepeda motor. Mereka dilengkapi dengan platform khusus dan sistem pengikatan untuk memastikan kendaraan tetap aman selama pengiriman.

Intermediate bulk shift containers

10. Intermediate Bulk Shift Containers

Intermediate bulk shift containers digunakan untuk mengangkut muatan dalam jumlah besar tetapi tidak sebanyak yang dibutuhkan untuk mengisi kontainer penuh. Mereka ideal untuk pengangkutan barang-barang cair atau bubuk dalam jumlah besar.

Dari kontainer tank yang khusus untuk cairan dan gas hingga kontainer flat rack yang ideal untuk barang-barang besar dan berat, jenis-jenis kontainer logistik menawarkan solusi yang sesuai untuk berbagai kebutuhan pengiriman. Dengan teknologi dan desain yang terus berkembang, kontainer-kontainer ini memainkan peran vital dalam memperlancar rantai pasokan global dan menjaga barang-barang kita tetap bergerak.

Rekomendasi Sewa Gudang Terpercaya

Sekarang setelah Anda telah mengetahui 10 jenis kontainer logistik, inilah saatnya untuk mengamankan penyimpanan Anda dengan rekomendasi terpercaya. Pilih Safe n Lock untuk solusi sewa gudang yang aman dan terpercaya. Kunjungi kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut dan mulai menyimpan dengan cerdas!

JAKARTA
APL TOWER 0T/35/T5
Jln. S.Parman KAV 28 Tanjung Duren Sel. Jakarta Barat 11470, DKI JAKARTA Indonesia
Ph. +62 21 2119 2888

SURABAYA
Jln. Veteran KM 5,5 (LINGKAR TIMUR) Kawasan Industri SAFE’N’LOCK
Kav. E-Sidoarjo, Jawa Timur 61234 Indonesia
Ph.+62 31 896 3355Phone:+62 81-808-169-169
Email:[email protected]
Website:www.safenlock.com