Petugas gudang menggunakan helm
Source : https://www.freepik.com/

Dalam hal investasi real estate, banyak orang hanya fokus pada perumahan, baik itu rumah atau apartemen. Memang kebutuhan rumah terus meningkat, namun ada properti lain yang juga patut dipertimbangkan, yaitu properti investasi gudang. Bagaimana peluangnya?

Dari tahun ke tahun kebutuhan gudang semakin meningkat untuk berbagai perusahaan di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan e-commerce menjadi salah satu faktor pendorongnya. Menurut riset lembaga riset dan konsultasi real estate Savills Indonesia, pada 2029 luas area logistik gudang e-commerce akan mencapai 1,3 meter persegi. Angka ini diperkirakan akan meningkat 2,5 kali lipat pada tahun 2025. Pada tahun tersebut, kebutuhan gudang diperkirakan mencapai 3,4 juta meter persegi. Ini hanyalah salah satu contoh kebutuhan penyimpanan industri e-commerce. Industri ritel, makanan, pakaian jadi, dan otomotif semuanya membutuhkan gudang. Ini merupakan peluang yang sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin terjun di bisnis properti investasi gudang.

Mengapa Bisnis Investasi Properti Gudang Layak Dipertimbangkan?

Selain potensi peningkatan kebutuhan gudang di tahun-tahun mendatang, ada beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan kepemilikan gudang sebagai pilihan investasi. 

1. Harganya terus naik

Secara umum, hampir semua jenis investasi akan menghargai nilainya dari satu tahun ke tahun berikutnya. Ini dikarenakan harga tanah juga meningkat, terutama di kawasan strategis. Ditambah dengan meningkatnya permintaan kepemilikan gudang dari berbagai sektor industri, hal ini akan menciptakan peluang yang menjanjikan bagi investor kepemilikan gudang.

2. Gudang lebih mudah dalam perawatannya

Dibandingkan dengan properti lain seperti rumah, gudang biasanya dibuat dengan desain sederhana dan bahan berkualitas tinggi. Hal ini membuat bangunan gudang menjadi lebih kuat, tahan lama, dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Berinvestasi untuk membeli gudang akan meminimalisir biaya perawatan yang harus Anda keluarkan.

3. Jenis dan ukuran gudang beragam

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di properti gudang adalah jenisnya yang berbeda-beda. Seperti yang kita ketahui, setiap industri memiliki kebutuhan storage yang berbeda baik dari segi jenis, ukuran dan spesifikasi lainnya. Secara umum, setiap pemain di sektor tersebut akan memilih tipe gudang yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Semakin banyak pilihan yang Anda tawarkan, semakin mudah bagi bisnis untuk memilih gudang yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka.

4. Sewaan yang menjanjikan

Karena harga gudang cukup mahal, Anda mungkin kesulitan untuk menjual dengan cepat. Untuk mengisi kekosongan hingga tidak ada peminat, Anda bisa memilih opsi sewa. Dengan menyewa gudang, Anda tidak hanya akan mendapat untung, tetapi Anda juga akan memiliki dana yang cukup untuk menyimpan properti tersebut hingga ada yang mau membelinya.

5. Bisa diperjualbelikan

Properti dapat dibeli dan dijual oleh siapa saja, selama mereka yakin bahwa mereka adalah pemilik yang sah dari properti tersebut. Properti tersebut dapat dijual kepada pengembang/agen perumahan, individu atau badan hukum lainnya. Yang penting jangan lupa bayar pajak dan penjualannya harus dilakukan di hadapan notaris.

Diskusi suplai barang baru di gudang
Source : https://www.freepik.com/

Potensi Pertumbuhan Industri

Pertumbuhan sektor industri manufaktur pada bulan-bulan terakhir tahun 2022 menunjukkan tanda yang positif. Kondisi tersebut tercermin dari tren tingkat ekspansi nilai Indeks Keyakinan Industri (IKI) yang meningkat sejak diluncurkan pada November 2022, dan Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Global yang menunjukkan ekspansi sejak September lalu. Hal ini juga sejalan dengan pertumbuhan PDB manufaktur yang mencapai 4,83% pada kuartal III 2022. 

Di awal tahun 2023, tren industri pengolahan menunjukkan ekspansi. Pada Januari 2023 sebesar 51,54 IKI, sedangkan pada bulan Desember IKI sebesar 50,9 sehingga dapat dilihat disini IKI terjadi peningkatan yang tajam. Hingga 71,4% perusahaan menyatakan kondisi bisnis secara keseluruhan stabil dan membaik per Januari 2023.

Pertumbuhan e-commerce

Bisnis ecommerce di Indonesia diyakini memiliki prospek yang sangat bagus. E-commerce adalah kekuatan pendorong di balik ekonomi berbasis digital.

Tingginya pertumbuhan e-commerce di Indonesia dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Dari sisi perilaku konsumen, di semua lini bisnis online, tren transaksi digital meningkat karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi.

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih serta kecepatan transaksi digital yang mudah ini mendukung bisnis berbasis digital. Sepanjang tahun 2022, berbagai perusahaan teknologi mengalami pasang surut dalam perjalanan perusahaannya.

Kondisi ekonomi global yang tidak pasti yang mereka hadapi telah mendorong pelaku bisnis e-commerce melakukan berbagai perubahan dan menyusun strategi baru yang sesuai untuk tumbuh dan berkembang lebih jauh. Setiap pelaku e-commerce melakukan reorganisasi strategi, karena pada dasarnya e-commerce memiliki peran untuk masyarakat, begitu juga dengan kelangsungan bisnis. 

Setiap pelaku e-commerce mengatur ulang strateginya, karena bagaimanapun juga e-commerce memiliki peran untuk manusia sekaligus kelangsungan bisnis. Skema strategis yang dibuat tidak hanya memikirkan promosi dan diskon terbaik untuk menarik pengguna, tetapi juga platform yang mampu mendukung penjual untuk bertahan dan mempertahankan kelangsungan bisnis mereka.

Orang sedang mengurus gudang
Source : https://www.freepik.com/

Peluang Pasar dan Tren Masa Depan

Bagaimana cara membaca peluang bisnis di masa depan?

1. Mengantisipasi kebutuhan penting dalam pasar

Kebutuhan pasar yang penting terus berubah, sehingga diperlukan suatu cara untuk menganalisis kebutuhan pasar. Cara yang dapat dilakukan misalnya mencatat kebutuhan dan keinginan pasar, kreatif dalam pelayanan dan pemasaran, melakukan penilaian bisnis, menentukan segmen pasar, melihat perubahan tren pasar.

2. Pengaturan waktu dalam menjalankan usaha

Salah satu faktor yang mendukung kelancaran serta kesuksesan bisnis adalah manajemen waktu saat berbisnis. Ketika seseorang menjalankan bisnis, dia harus melakukannya dengan penuh rasa tanggung jawab. 

Manajemen waktu yang baik haruslah dimiliki oleh seorang pengusaha, sehingga dapat menjalankan bisnis dengan lancar. Hal ini sudah sewajarnya mengingat para pebisnis memiliki aktivitas tersendiri untuk menjalankan bisnisnya, seperti mengadakan pertemuan dengan klien atau agenda pertemuan lainnya.

3. Melupakan hal-hal yang tidak terkait dengan bisnis

Hal-hal yang mengganggu jalannya usaha sebaiknya dilupakan atau tidak perlu dipikirkan. Apabila seseorang pebisnis terlalu memikirkan hal-hal diluar bisnis maka akan mengakibatkan bisnis yang dijalankan menjadi tidak maksimal.

4. Melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda

Hal ini dapat menyebabkan kita memiliki banyak view dan tidak menargetkan atau fokus pada satu view, sehingga ketika kita sedang menjalankan bisnis, kita bisa memfilter dan mendapatkan view yang tepat dari berbagai view yang ada.

5. Menilai dan mengukur apa yang terjadi di masa depan, masa lalu, dan masa sekarang

Sebagai pengusaha kita perlu peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita dan mampu menilai apa yang mungkin terjadi. Ini akan memungkinkan kita untuk membuat dan mengimplementasikan rencana dan dapat melihat peluang bisnis di masa depan.

Manfaat Investasi Gudang

Dalam dunia produksi, peran gudang sangatlah penting. Jika tidak ada gudang, jumlah barang yang diproduksi tidak bisa maksimal. Barang-barang yang diproduksi tidak mungkin akan langsung didistribusikan secara langsung. 

Secara alami, produk akan disimpan di gudang untuk sementara waktu hingga permintaan eksternal kembali tinggi atau stok di pengecer mulai habis.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan atau keistimewaan berinvestasi di gudang:

1. Nilai (cenderung) naik tiap tahun

Misalnya, pada 2013, ia membeli properti seharga Rp 500 juta. Properti harus memenuhi semua kriteria properti ideal yang dipersyaratkan, terutama dalam hal lokasi yang strategis dan lingkungan yang aman. Mengingat tren rata-rata harga properti di Indonesia meningkat sebesar 10% per tahun, properti 500 crore meningkat nilainya menjadi Rs 550 crore pada tahun 2014 dan menjadi Rs 605 crore pada tahun 2015. Dan seterusnya. Hitung berapa nilai properti itu pada akhir tahun 2020.

2. Kontrol berada di tangan Anda

Dengan alat real estat Anda dapat menentukan sendiri harga jual properti – apakah Anda ingin sengaja menaikkan atau menurunkannya dalam kondisi tertentu. Tren atau pergerakan harga properti lambat. Oleh karena itu, pemilik tidak perlu bereksperimen dengan latihan jantung karena sering melihat investasi mereka naik turun dengan cepat.

3. Bisa memperoleh penghasilan dari sewa

Manfaat lain dari investasi real estat adalah Anda masih dapat menghasilkan uang tanpa menyerahkan kepemilikan properti dengan menyewakannya kepada orang lain. Sebagai perbandingan, bisakah Anda menyewa emas batangan? Tidak bisa, hanya digadaikan. Apakah bisa menyewa sepeda motor, mobil atau alat transportasi lainnya? Ya bisa, tapi nilainya akan terus berkurang seiring penggunaan. Saham atau perusahaan untuk disewa? Hmmm, saya pikir jawabannya cukup jelas.

4. Bisa diperjual belikan

Properti dapat dibeli dan dijual oleh siapa saja, selama mereka yakin bahwa mereka adalah pemilik yang sah dari properti tersebut. Properti tersebut dapat dijual kepada pengembang/agen perumahan, individu atau badan hukum lainnya. Yang penting jangan lupa bayar pajak dan penjualannya harus dilakukan di hadapan notaris.

Resiko dan Tantangan

Meskipun memiliki banyak manfaat, memulai bisnis real estat juga memiliki risiko.

Jika Anda tidak mendapat untung atau lokasi tidak mendukung Anda, Anda dapat mempertahankan properti itu selamanya. Pada kenyataannya, besarnya risiko bergantung pada toleransi risiko Anda, oleh karena itu ada yang berani berinvestasi di real estat dan ada yang memilih instrumen investasi lain. 

Di bawah ini adalah risiko berinvestasi di real estat sebelum memilih untuk berinvestasi:

1. Beban perawatan

Pemilik atau investor tidak dapat membiarkan investasi mereka beroperasi dengan pengembalian yang terus meningkat tanpa memastikan bahwa properti tersebut dalam kondisi baik.

Anda juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menjaga kondisi bangunan agar pendapatan sewa bisa meningkat.

2. Investasi properti padat modal

Dapat juga dikatakan bahwa investasi real estate merupakan investasi padat modal. Karena semakin besar modal yang ditanamkan pada properti, maka akan semakin tinggi profitabilitas yang diperoleh dari investasi real estate tersebut.

3. Keterjangkauan investasi

Dalam real estate, harga mencerminkan kondisi penawaran dan permintaan. Harga properti ditetapkan sesuai dengan karakteristik dan tren pasar lokal yang mempengaruhi permintaan dan penawaran properti. Ada perbedaan yang signifikan antara penilaian properti dan saham, yaitu keterjangkauan.

Keterjangkauan saham tidak menjadi masalah, karena transaksi pembelian saham dilakukan secara tunai. Sebaliknya, transaksi real estate sering kali merupakan transaksi pembelian dengan leverage yang melibatkan pembiayaan bank.

4. Biaya transaksi yang tinggi

Untuk berinvestasi di real estate Anda harus membayar biaya yang lebih tinggi daripada berinvestasi di sektor lain.

Biaya tersebut berupa pajak antara lain: PPH (5% ditanggung penjual) dan BPHTB (5% ditanggung pembeli).

5. Waktu lama untuk membeli

Membeli properti yang Anda inginkan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, bisa dalam hitungan minggu atau bulan. Hal ini juga dijelaskan dalam sifat-sifat tidak likuid (kekurangan likuiditas). 

6. Terbatasnya pengetahuan

Keterbatasan pengetahuan disebabkan sifat yang terlokalisir. Harga rumah di satu tempat belum tentu sama dengan di tempat lain. Ini berarti investor perlu waspada dan menyelidiki ke mana mereka menuju.

7. Penyusutan bangunan

Properti investasi berdasarkan tanah dan bangunan, meskipun meningkat dari tahun ke tahun karena kenaikan harga tanah karena kelangkaan tetapi bangunan di atasnya secara teoritis memiliki masa manfaat.

Ini berbeda dengan bumi yang berumur panjang, disebut juga abadi. Jika ditelaah secara teori, bangunan-bangunan yang berusia 20-40 tahun ini akan bergantung pada kualitas bangunan serta fungsinya.

8. Hancur bila terjadi bencana alam

Dibandingkan dengan investasi lainnya, investasi real estate memiliki resiko kerusakan tanah dan bangunan yang dapat diakibatkan oleh gempa bumi, tanah longsor, tsunami dan lain-lain.

Gudang dan Forklift
Source : https://www.freepik.com/

Jenis Investasi Gudang

Anda akan dapat mempelajari jenis-jenis investasi real estate untuk kebutuhan industri. Dalam praktiknya, berinvestasi di properti industri membutuhkan modal yang sangat tinggi. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan modal Anda sendiri atau mengumpulkan dana dengan investor lain. 

 Beberapa jenis properti yang termasuk dalam kategori ini antara lain:

1. Pabrik

Anda dapat berinvestasi di real estate dalam bentuk pabrik. Dengan memiliki pabrik, Anda bisa membuka usaha dan menyerap banyak tenaga kerja. Jika bisnis berjalan lancar, tingkat keuntungan bisa sangat tinggi. 

Bagaimana jika operasional pabrik Anda tidak berjalan dengan baik? Anda memiliki pertimbangan untuk menyewanya. Apalagi nilai aset sebuah pabrik industri lengkap dengan peralatannya sangat tinggi.

2. Gudang 

Kepemilikan gudang juga merupakan jenis investasi real estat yang menjanjikan. Selain itu, tingkat permintaan bangunan industri sangat tinggi. Peluangnya bisa lebih besar lagi jika Anda memiliki gudang di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Strategi Investasi

Berinvestasi di properti saham, tentu saja cara kerjanya berbeda dengan berinvestasi di reksa dana. Jika Anda berinvestasi di reksa dana, transfer dana investasi ke manajer investasi (MI) untuk dikelola. Saat berinvestasi dalam saham, sebagai pemilik atau investor Anda memegang kendali penuh atas investasi tersebut. Artinya, harus ada strategi khusus yang diterapkan agar properti yang Anda miliki bisa segera dijual atau disewakan. 

Berikut adalah beberapa strategi investasi gudang real estate yang dapat Anda lakukan.

1. Lokasi strategis

Ketika Anda berencana untuk berinvestasi di gudang, Anda harus memperhatikan lokasi properti Anda. Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari gudang di lokasi strategis, seperti di dekat bandara, pelabuhan, atau jalan raya. Dengan demikian, mobilitas logistik juga dapat berjalan dengan mudah dan lancar. Anda akan memperoleh keuntungan yang cukup besar jika tepat dalam memilih lokasi gudang properti.

2. Fasilitas lengkap

Meski hanya gudang (gudang), Anda juga harus memperhatikan struktur yang dimiliki properti Anda. Dimungkinkan untuk menyediakan gudang dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti CCTV, kantor, ruang keamanan dan lainnya. Hal ini jelas akan membuat banyak perusahaan tertarik untuk menyewakan gudang yang Anda miliki.

3. Banyak jenis dan tipe

Selain memiliki struktur yang lengkap, ada baiknya juga menawarkan gudang dengan tipe dan tipe yang beragam. Dengan cara ini setiap perusahaan dapat memilih untuk menyewa gudang sesuai dengan kebutuhannya. Semakin banyak pilihan gudang yang Anda tawarkan, maka akan semakin memudahkan perusahaan atau perusahaan untuk memilih gudang sesuai keinginan dan dana.

Tips Memilih Properti Gudang untuk Diinvestasikan

Setelah mengetahui tentang investasi properti baik dari segi manfaat, risiko, peluang, maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui beberapa tips jika ingin memulai berinvestasi properti gudang.

1. Temukan lokasi yang strategis

Pertimbangan pertama sebelum memilih properti bangunan adalah lokasi. Pelaku industri biasanya mencari gudang di lokasi strategis, seperti di dekat jalan tol, bandara, atau pelabuhan laut. Gudang yang strategis akan memudahkan penyimpanan logistik dan juga memudahkan Anda menjual dengan harga yang menguntungkan.

2. Berikan fasilitas pendukung

Para pelaku bisnis membutuhkan gudang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memudahkan kegiatan operasionalnya. Fasilitas tersebut bisa berupa kamera CCTV, ruang satpam, dll. Dengan memberikan struktur pendukung seperti ini, toko Anda akan mendapat perhatian lebih dan tentunya Anda akan lebih cepat terjual.

3. Promosi 

Apapun bisnis Anda, promosi adalah kuncinya. Sama hal nya saat Anda menjalankan bisnis jual beli gudang. Jalankan promosi baik online maupun offline sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan pembeli yang cocok.

Baca juga: Mau Sewa Gudang Untuk Kelancaran Operasional Bisnis? Simak Dulu Tips Ini

Jika Anda sedang mencari tempat persewaan gudang untuk keperluan bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi Safenlock dan HIPS Area. Kami menyediakan berbagai fasilitas terlengkap dan menarik sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, kami juga menyediakan gudang berstandar halal.