ilustrasi gudang

Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma dalam manajemen gudang, dari sekadar tempat penyimpanan menjadi pusat logistik terintegrasi. Berbagai teknologi canggih digunakan untuk mengoptimalkan proses seperti penerimaan, penyimpanan, pemesanan, pengiriman, dan pelacakan barang. Artikel ini akan membahas berbagai teknologi yang digunakan dalam manajemen gudang modern, mencakup berbagai aspek yang meningkatkan kinerja dan efektivitas operasional.

Teknologi Otomasi dalam Gudang

Penggunaan teknologi robotika dan otomatisasi semakin populer dalam operasi gudang karena cara kerjanya yang dapat meningkatkan efisiensi dalam berbagai proses. Adapun beberapa inovasi yang seringkali diterapkan dalam gudang di antaranya: 

1. Automated Guided Vehicles (AGV)

Kendaraan self-driving yang digunakan untuk memindahkan barang dan material secara otomatis di dalam gudang. Alat ini dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh manusia. Contoh AGV yang banyak digunakan seperti Forklift AGV, Pallet Jack AGV, dan Tugger AGV.

2. Sistem Conveyor

Sistem sabuk berjalan yang banyak digunakan untuk memindahkan barang secara otomatis dari satu titik ke titik lain di dalam gudang. Melalui teknologi ini, pengguna dapat mengurangi banyak waktu untuk memindahkan barang. Beberapa teknologi yang sering dipakai di antaranya roller conveyor, belt conveyor, dan overhead conveyor.

3. Robot Picking

Robot jenis ini banyak digunakan untuk mengambil dan menempatkan barang secara otomatis dari rak penyimpanan sehingga mempercepat proses picking dan packing. Beberapa teknologi yang umum digunakan seperti robotic arm dan collaborative robot.

stok gudang

Sistem Manajemen Gudang (WMS)

Sistem Manajemen Gudang (WMS) merupakan solusi inovatif untuk mengoptimalkan berbagai aspek operasional gudang. Teknologi ini mengoptimalkan proses inventaris dengan melacak dan memantau tingkat stok secara real-time serta membantu dalam rotasi stok untuk menghindari produk kadaluarsa. Selain itu, sistem ini juga dapat mengatur lokasi penyimpanan produk dengan sistematika yang rapi dan mudah diakses. Teknologi ini juga dapat menerima pesanan secara online dan memprosesnya secara otomatis. Berbagai fungsi ini dilengkapi dengan fitur halal sehingga segala jenis produk hingga proses produksi dilacak dan dilakukan secara halal. Fitur ini penting karena menyediakan dokumentasi yang krusial untuk kebutuhan sertifikasi halal.

Penggunaan Internet of Things (IoT)

IoT mengumpulkan data melalui berbagai sensor yang dipasang di berbagai  rantai pasokan, seperti gudang, truk, dan rak penyimpanan sehingga data real-time dapat terkumpul. Data ini kemudian digunakan untuk memantau kondisi produk dan memastikan bahwa produk disimpan dan diangkut dalam kondisi yang sesuai. Teknologi ini juga mampu melacak pergerakan produk di sepanjang rantai pasokan. Melalui berbagai fungsi ini, pengguna dapat memastikan bahwa produk berasal dari sumber yang halal dan tidak terkontaminasi barang haram.

manajemen gudang

Blockchain untuk Keamanan dan Transparansi

Blockchain dapat digunakan untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam rantai pasokan halal, mulai dari produksi hingga penjualan. Informasi yang terekam di blockchain juga tidak dapat diubah atau dimanipulasi, karena informasi ini diperoleh setelah dilakukan verifikasi tentang asal-usul produk, bahan-bahan yang digunakan, dan proses pengolahannya. Sehingga proses meningkatkan kepercayaan dan transparansi dalam rantai pasokan untuk menghasilkan produk halal. Beberapa contoh penerapan blockchain untuk produk halal misalnya IBM Food Trust, Halal Chain, dan VeChain.

Teknologi Cold Chain untuk Produk Halal

Teknologi cold chain banyak digunakan untuk menjaga kualitas produk yang mudah rusak misalnya makanan dan obat-obatan. Kontrol suhu yang ditawarkan teknologi ini dapat menjaga kandungan nutrisi, memperlambat proses pembusukan, dan mencegah adanya pertumbuhan bakteri. Berkat teknologi ini, kontaminasi dari produk non-halal dapat dicegah. Selain itu, beberapa teknologi cold chain modern dapat melacak asal-usul pergerakan produk sehingga produk halal dapat ditelusuri.

Integrasi Sistem dan Data Analytics

Integrasi sistem seperti ERP (Enterprise Resource Planning), WMS (Warehouse Management System), dan TMS (Transportation Management System) berperan dalam prediksi permintaan melalui data historis penjualan, tren pasar, dan preferensi konsumen. Selain itu, integrasi sistem ini dapat membantu mengidentifikasi potensi risiko kekurangan stok hingga kerusakan produk. Melalui informasi menyeluruh mengenai kinerja operasional dan keuangan, sistem ini bahkan dapat membantu pengguna mengambil keputusan strategis yang lebih terukur.

Sebelum menggunakan teknologi ini, penting bagi perusahaan untuk memilih teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Selain itu, lakukan uji coba dan pelatihan pengguna sebelum menerapkan teknologi tersebut. 

Rekomendasi Pergudangan Modern di Sidoarjo

Setelah memahami berbagai macam teknologi terkini dalam manajemen gudang modern, kini saatnya Anda memilih tempat yang terbaik. Temukan rekomendasi pergudangan dengan bangunan pabrik modern hanya di Safe n Lock, solusi terpercaya untuk kebutuhan penyimpanan Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan barang-barang berharga Anda dengan Safe n Lock.

JAKARTA

APL TOWER 0T/35/T5
Jln. S.Parman KAV 28 Tanjung Duren Sel. Jakarta Barat 11470, DKI JAKARTA Indonesia
Ph. +62 21 2119 2888

SURABAYA

Jln. Veteran KM 5,5 (LINGKAR TIMUR) Kawasan Industri SAFE’N’LOCK
Kav. E-Sidoarjo, Jawa Timur 61234 Indonesia
Ph. +62 31 896 3355
Phone:(+62) 81-808-169-169
Email:info@safenlock.com
Website:www.safenlock.com